ANALISIS SWOT PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“ISM”) (BEI : INDF) adalah perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.

Adapun produk-produk dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk, adalah sebagai berikut :

1. Noodles ( Mie )

Indomie, Supermie, Sarimi, Mie Sakura, Pop mie, Pop Bihun, Mie Telur Cap 3 Ayam.

2. Diary ( Susu )

Indomilk, Susu Kental Manis Cap Enak, Krimer Kental Manis Kremer, Krimer Kental Manis Tiga Sapi, Krimer Kental Manis Crima, Nice Yogurt, Orchid Butter, Indoeskrim.

3. Food Seasonings ( Penyedap Rasa )

Indofood Bumbu Racik, Sambal Indofood, Kecap Indofood, Maggi, Kecap Piring Lombok, Bumbu Instan Indofood.

4. Snack Foods ( Makanan Ringan )

Chitato, Chiki Snack, JetZ, Qtela, Cheetos, Lays.

5. Biscuit ( Biskuit )

Trenz

6. Nutrition & Special Foods ( Makanan Bernutrisi )

Promina, SUN

7. Flour ( Tepung Terigu )

Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru.

8. Cooking Oils & Fats ( Minyak )

Bimoli, Simas palmia, Happy Salad Oil.

SUMBER DAYA MANUSIA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

 Indofood yang memiliki 62 ribu tenaga kerja, percaya bahwa karyawan merupakan salah satu bagian terpenting dari stakeholder dan komponen vital bagi kesuksesan Indofood di masa mendatang. Perseroan berkeyakinan bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk memberikan yang terbaik dan berkontribusi pada perusahaan dan bangsa.

Indofood akan terus berupaya meningkatkan hubungan baik dengan seluruh karyawan dan manajemen untuk meraih manfaat bersama. Perseroan juga akan melaksanakan program manajemen sumber daya manusia yang bertujuan meningkatkan produktifitas dan efisiensi untuk membantu seluruh divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan tingkat keuntungan dalam lingkungan usaha yang semakin kompetitif. Serangkaian program pelatihan akan diselenggarakan sepanjang tahun 2008, sementara Managerial Development Program akan diperluas ke divisi lainnya mengikuti kesuksesan penyelenggaraan program ini di Divisi Minyak Goreng & Margarin serta Divisi Penyedap Makanan.

Adapun Analisis SWOT pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai berikut :

Analisis SWOT

1. Strength ( Kekuatan )

a. Kondisi keuangan / finansial yang kuat, dapat dilihat dari perkembangan kepemilikan saham di berbagai perusahaan.

b. Memiliki banyak anak perusahaan.

c. Brand yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia terutama produk Indomie.

d. Kepemimpinan Direksi dan Komisaris yang matang.

e. Memiliki Sumber Daya Manusia yang besar sehingga mampu produksi yang besar pula.

2. Weakness ( Kelemahan )

a. Tenaga kerja yang banyak membuat perusahaan rentan goncangan terhadap penjualan produk yang menurun.

3. Opportunities ( Peluang )

a. Pertumbuhan pasar yang terus meningkat baik di kalangan bawah, menengah maupun atas.

b. Segmentasi pasar yang tidak terlalu signifikan karena produk yang dihasilkan terus menyesuaikan untuk dikonsumsi pria atau wanita, baik tua maupun muda.

c. Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen.

d. Peluang pasar yang besar dalam sistem distribusi yang mencakup grup pendistribusian produk hingga pasar tradisional dengan waktu sesingkat mungkin.

4. Threat ( Ancaman )

a. Terus dihadapi dengan pesaing-pesaing baru dengan jenis produk yang sama.

Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih.

9. Pasta

La Fonte

10. Syrup

Indofood Syrup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s