Esay Tentang Diri Sendiri

Nama                        : Arnal Sulaeman

NPM                        : 201243500045

Kelas                        : S1a

                   Nama saya Arnal Sulaeman, saya anak ke dua dari dua bersaudara. Saya sekarang tinggal di Jakarta Timur tepatnya daerah Klender. Di sini saya tinggal bersama tante dan nenek saya. Sebelum saya tinggal di Jakarta, saya terlebih dahulu tinggal di banjarsari daerah Jawa Barat, di sana saya tinggal dengan nenek saya juga hanya nenek yang satu ini adalah dari keluarga ibu saya sedangkan yang di Jakarta dari keluarga ayah saya. Di sanalah saya di lahirkan. Saya berasal dari keluarga yang sederhana, jadi mulai dari kecil ibu saya selalu mengajarkan saya untuk hidup mandiri dan menggunakan waktu serta uang yang saya punya dengan baik dengan kata lain menggunakan seperlunya saja agar tidak ada yang terbuang sia-sia. Di Jakarta saya sudah menetap cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun, yang sebelumnya saya tinggal disuatu perkampungan kecil dengan nama Banjarsari, Jawa Barat. Dan di sana saya masuk jenjang pendidikan hanya sampai tingkat sekolah dasar atau SD, dan ketika saya hendak masuk Sekolah Menengah Pertama ( SLTP ) saya langsung pindah ke Ibu kota Jakarta. Di Jakarta lah saya di asuh oleh nenek saya dan mulai melanjutkan terus pendidikan saya hingga saya masuk di perguruan tinggi Indraprasta PGRI. Sebelum masuk di Universitas Indraprasta PGRI, saya berasal dari lulusan  SMK Negeri 46 Jakarta. Di sekolah itu saya mendapatkan beasiswa dari bidang non akedemik, karena saya berhasil membawa nama sekolah hingga tingkat Internasional dan dari beasiswa itulah saya sampai lulus tidak membayar uang SPP karena semua sudah menjadi tanggungan dari sekolah. Setelah itu saya masuk di kampus ini, karena saya bermaksud ingin melanjutkan pendidikan saya kejenjang yang lebih tinggi. Saya juga di sini mengambil jurusan Teknik Informatika, sebab saya ingin mengetahui lebih dalam lagi perihal ilmu computer dan tata cara bermain di dunia Cyber, karena ketertarikan itulah saya bertekad untuk mengambil jurusan Teknik Informatika di kampus ini. Walau secara logika Teknik Informatika itu sedikit berbeda dengan latar belakang pendidikan saya sebelumnya yaitu Akuntansi, yang seharusnya apabila saya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi seharusnya saya mengambil jurusan computer Akuntansi, tapi walau begitu saya tidak memperdulikannya karena saya ingin mencoba hal yang baru dengan keyakinan dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Jadi, walau sedikit berbeda dengan latar belakang saya, tapi dengan bermodalkan keyakinan dan sedikit pengetahuan saya di bidang teknologi itulah yang memacu saya untuk mengambil jurusan ini. Sebab saya ingin mempunyai kemampuan lebih salain dapat menjadi seorang  accounting saya juga ingin dapat menjadi seorang programmer karena keduanya sangat saya butuhkan untuk karir dan masa depan saya dalam pekerjaan saya kedepan. Di karenakan dunia teknologi setiap tahunnya selalu mecinptakan hal-hal yang baru sehingga saya sangat membutuhkan lebih banyak pengetahuan khususnya di dalam dunia teknologi agar saya siap untuk menghadapi Era Pasar global yang akan melanda di seluruh dunia dan tidak tertinggal akan teknologi masa kini.

                   Ada pun ciri-ciri tentang saya, saya termasuk orang yang sangat mudah bergaul atau mudah berteman dengan siapa saja, tanpa memperhatikan kedudukan, kecerdasan bahkan dari kalangan mana dia berasal. Yang terpenting untuk saya dia orang yang mengasikkan dan jujur itu sudah cukup. Karena pertemanan bagi saya itu sesuatu yang mana dengan adanya dia dapat saling menghibur dan membantu satu sama lain, serta dengan adanya itu kita dapat saling berbagi cerita dan saling  tolong menolong. Dalam kehidupan saya selain saya suka berteman, saya juga senang berorganisasi, banyak organisasi yang telah saya ikuti,dan dari sana saya mendapatkan banyak teman-teman yang hebat-hebat, bahkan pertemanan kami dapat berlangsung lama, walau jarak diantara kita ada yang dekat dan ada juga yang jauh seperti dari Nangru Aceh Darussalam, Kalaimantan, dan lain-lain. Dan untuk menjaga persahabatan pada saat itu kami pernah bekerjasama untuk mendirikan sebuah organisasi yang besar dan  Alhamdulillah organisasi kami pernah menjadi organisasi pertama dan ternama untuk kalangan pelajar se-DKI Jakarta selama 4 tahun. Dan organisasi kami sempat menjadi sorotan juga untuk sebagian partai politik besar yang ada di Indonesia agar organisasi kami dapat bekerjasama dalam partai politik dengan partai tersebut, tetapi kami sepakat untuk menolak itu semua. Walau sebenarnya hati kami sangat ingin karena kami mendapatkan keuntungan yang sangat besar yang tidak pernah kami dapatkan sebelumnya, tapi kami semua dapat mengalahkan rasa itu semua demi persahabatan ini. Selain itu saya juga pernah mengikuti sebuah kegiatan yang mewakili nama Jakarta di suatu kegiatan Tingkat Nasional. Dan dengan mengikuti kegiatan itu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk saya, karena di sekian puluhan ribu pelajar saya terpilih untuk mewakili Jakarta dalam kegitan tersebut. Dari sanalah saya mendapatkan pengalaman tentang organisasi dan cara berhubungan baik dengan masyarakat sekitar disamping saya terus mengejar cita-cita saya dengan melajutkan pendidikan saya juga berusaha meraih prestasi yang baik di bidang akademiknya. Maka dari itulah organisasi bagi saya suatu kebutuhan tersendiri yang mana saya tidak akan pernah dapatkan di dalam mata pelajaran manapun. Karena kecintaan saya akan organisasi inilah, sekarang saya dipercaya oleh beberapa sekolah seperti SD, SMP, dan SMA untuk saya bina siswa dan siswi dalam keorganisasian, dengan tujuan dari organisasi itu murid – murid mereka dapat memiliki kepribadian yang baik dan dapat lebih semangat lagi dalam belajar akademiknya. Dan Alhamdulillah, saya senang, sebab saya dapat menunjukan kepada sekolah yang siswa dan siswinya saya bina dengan menjadikan mereka peserta dan panitia dalam kegiatan besar pemerintah Republik Indonesia seperti Raimuna Nasional yang di Ikuti oleh seluruh wilayah Provinsi yang ada di Indonesia dan juga kegiatan ASEAN yang di ikuti oleh 22 Negara yang ada di dunia, seperti Amerika, Brunai Darussalam,Malaysia, Hongkong, Indonesia, Dan lain-lain. Juga kepribadian mereka baik disekolah dan di rumah dapat berubah dari yang sedikit nakal menjadi lebih baik lagi, itu semua saya ketahui karena ada salah satu orang tua murid yang menanyakan perubahan yang baik kepada anaknya setelah mereka mengikuti organisasi.

                   Di dalam kepribadian saya, saya tergolong orang yang ramah, sederhana, dan tegas. Pernah saya juga mengadakan survei kepada semua teman saya dan adik-adik didikan saya perihal bagaimana diri saya? menurut mereka, Sebagian besar mereka menjawab, bahwasanya saya tergolong orang yang pekerja keras, pasti dengan keputusan yang sudah di ambil, serta menanggapi semua persoalan dengan pikiran jernih dan santai. Dan juga cenderung tidak memperdulikan kesehatan apabila sudah bekerja apalagi kerjaan itu benar-benar deadline. Tatapi ada juga yang bilang kalau saya itu sedikit egois dalam mengambil suatu keputusan dalam suatu perkumpulan, dan tidak suka untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas walau itu semua belum waktunya untuk diselesaikan dengan kata lain masih memiliki waktu banyak untuk menyelesaikannya, dan sangat tidak menyukai bagi siapa saja yang datang terlambat apabila dengan alasan yang sudah public,seperti macet dan lain-lain. Karena dalam kehidupan saya tergolong orang yang suka memanage waktu dalam hal apapun. Disamping itu saya termasuk orang yang keras kepala juga, sebab apabila ada kemuan tidak mungkin bagi saya untuk mundur apabila belum saya coba, apapun akan saya lakukan demi mendapatkan apa saja yang saya inginkan. Walaupun saya harus mengorbankan waktu istirahat saya untuk itu, karena  semua rasa lelah itu pasti akan hilang apabila saya mampu mendapatkan tujuan serta apa saja yang saya inginkan. Sedikit banyaknya itulah pendapat mereka tentang bagaimana saya, sebab yang dapat menilai saya lebih banyak adalah berasal dari orang lain bukan dari diri sendiri. Senang atau tidak atas pendapat orang terhadap saya, saya harus dapat menerima. Sebab memang itulah yang sebenarnya bagaimana tantang diri saya. Di sisi lain saya tergolong orang yang mandiri, dengan maksud saya tidak suka untuk membuat orang lain sibuk atau terbebani akan diri saya apalagi jika saya menjadi beban untuk keluarga saya. Semua keinginan dan cita-cita saya harus dapat saya raih dengan kemampuan diri saya sendiri, sebab saya mempunyai pemikiran sudah cukup bagi saya membebani keluarga saya mulai dari saya lahir hingga saya selesai di bangku pendidikan menengah atas atau sering kita sebut dengan nama SLTA.

                  

Selain itu dalam aktifitas, tantangan adalah pelajaran yang sangat berharga untuk saya. Karena tantangan dapat memacu saya untuk terus berusaha dalam mencapai sebuah kesuksesan. Begitupun dalam kehidupan saya saat ini, banyak sekali tantangan yang harus saya selesaikan, mulai dari bagaimana saya harus dapat mengatur waktu secara baik agar semua aktifitas saya tidak mengganggu kesehatan saya serta semua aktifitas saya dapat berjalan tanpa adanya hambatan sedikitpun. Aktifitas saya saat ini tergolong sangat padat, mulai dari bekerja, kuliah, serta tanggungjawab yang diberikan sekolah kepada saya untuk membina adik-adik sekolah dasar dalam berorganisasi. Semua itu harus saya lakukan dengan baik, agar satu sama lain dapat berjalan sesuai dengan jadwalnya dan juga daya tahan tubuh saya dapat terus mendukung semua aktifitas saya itu. Semua aktifitas saya itu saya anggap sebagai tantangan hidup saya dalam mencapai cita-cita saya, walau begitu saya harus menjalani dengan hati yang senang agar semua aktifitas yang saya lakukan terasa ringan.

                   Itulah semua keterangan bagaimana tentang diri saya, dan di sini saya sudah ceritakan bagaimana diri saya baik dalam kepribadian saya, asal saya, juga saya lengkapi dengan aktifitas saya sehari-hari yang selalu menemani saya atau menjadi pelengkap dari kehidupan saya sendiri.

 

                  

                  

                  

                    

                   Gambar

Tinggalkan Balasan

